Profil UPT K3L Institut Teknologi Bandung

UPT K3L sejak didirikan pada tanggal 21 April 2010 hingga saat ini telah membantu menciptakan kondisi lingkungan kampus ITB yang aman, selamat dan sehat. Budaya K3 di dalam kampus telah dikembangkan dan dibudayakan kepada seluruh aspek kampus ITB.

Dalam perkembangannya diharapkan UPT K3L mampu menciptakan kondisi lingkungan yang dikatakan zero accident, yaitu suatu kondisi dimana tidak akan ada kecelakaan kerja di dalam kampus ITB serta menciptakan kondisi lingkungan yang sehat bagi seluruh civitas akademika ITB. UPT K3L juga berupaya agar dapat terus menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan ITB sehingga kondisi  “near-miss” atau “near-accident”, yang tidak diinginkan dimana dengan keadaan yang sedikit berbeda akan mengakibatkan bahaya terhadap manusia, merusak harta benda atau kerugian terhadap proses tidak terjadi di lingkungan ITB.

Tantangan implementasi budaya K3 diharapkan dapat dijawab oleh UPT K3L sebagai UPT yang bertanggung jawab dalam aspek keamanan, keselamatan dan kesehatan kampus ITB akan tetapi agar kondisi ideal ini dapat teraplikasi dengan baik dibutuhkan juga tanggung jawab bersama civitas akademika ITB.

UPT K3L dalam perannya menjaga kesehatan lingkungan ITB berupaya melakukan pencegahan terhadap kemungkinan timbulnya penyakit serta pemeliharaan kesehatan seoptimal mungkin. Dalam menjalankan perannya, UPT K3L membutuhkan bantuan seluruh civitas akademika ITB untuk menjada kebersihan dan kesehatan lingkungan bersama.

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.